Apa itu Musik dan Cara Memainkannya

Apa itu Musik ? Music telah menjadi bagian fundamental dari kehidupan masyarakat sejak awal waktu rekaman. Orang Mesir awal menggunakan musik serta drum dan instrumen dalam pertunjukan ritual mereka. Musik, bahkan seni yang terkait dengan kombinasi ketukan vokal atau instrumental untuk ekspresi emosional atau ritme ritmik, biasanya dalam kaitannya dengan konvensi budaya tentang ritme, harmoni, dan, tentu saja, ritme. Musik ini dikenal sebagai “ritmis”.

Apa itu Musik dan Cara Memainkannya

apa itu musik

Musik adalah bagian penting dari masyarakat manusia setidaknya sejak awal sejarah yang tercatat. Musik telah direkam di banyak tempat, tetapi contoh terbaiknya adalah alat musik yang masih bisa dilihat hingga saat ini: alat musik Mesir, India, Persia, Cina, Yunani, dan Timur Tengah. Musik telah memainkan peran penting dalam semua budaya dan peradaban, tidak hanya di kita sendiri tapi juga di orang lain.

Contoh musik paling awal ditemukan di era Paleolitik (sekitar dua puluh ribu tahun yang lalu), di mana artefak batu seperti tulang hewan dan burung menunjukkan jejak perkusi dan musik. Ini terbukti ketika Anda mendengarkan musik masa kini. Saat mendengarkan suara drum di India, orang akan mendengar pola ritme yang berulang. Gendang berirama ini awalnya disebut “Shaktu” oleh umat Hindu.

Di India, musik adalah kunci dari sejumlah upacara dan festival. Sementara festival Hindu mencakup beberapa ritual yang sangat rumit, seperti perayaan Dravida dari “festival buah Kettuvallom”, ada banyak sekali musik yang menyertai upacara ini. Hal yang sama berlaku di China, Korea, Jepang, dan Indonesia, di mana suara drum mengiringi upacara selama berjam-jam.

Kemudian, selama periode Mesolitikum, alat musik digunakan untuk berburu dan bertani. Jenis utama dari alat musik adalah drum tangan atau seruling, diikuti oleh seruling tulang dan kemudian cangkang keong, yang merupakan alat musik utama orang Yunani dan Romawi. Setelah titik ini, alat musik menjadi lebih canggih dan akhirnya ditemukan di Timur Tengah. Kotak musik dan seruling pertama dapat ditemukan di Mesopotamia. Seiring dengan kemajuan peradaban, begitu pula alat musik untuk memainkannya.

Musik dapat ditemukan pada lukisan gua paling awal, di mana kulit dan tulang binatang digunakan untuk membentuk drum dan peluit. di Mesopotamia awal. Hal ini dimungkinkan untuk mengetahui bagaimana musik berkembang sampai titik ini dengan fakta bahwa kata “musik” dapat ditemukan tertulis dalam hieroglif bersama dengan simbol lainnya. Inilah awal mula musik sebagai bentuk seni.

Seiring dengan berkembangnya peradaban menuju era pertanian, ada instrumen untuk memainkan musik yang jauh lebih kompleks dan instrumen musik dibuat. Instrumen pertama untuk memainkan musik adalah seruling, drum, dan gitar.

Ketika pertanian menyebar ke seluruh dunia, musisi menjadi lebih ahli dan terspesialisasi, dengan musisi yang mengkhususkan diri pada genre musik yang berbeda dan tampil dengan keterampilan yang lebih besar. Gitar, instrumen terpenting era musik klasik, tidak hanya digunakan untuk memainkan musik tradisional, tetapi untuk memainkan musik jazz dan rock, membuat musik untuk mengiringi tarian dan mengiringi suara para penyanyi. Musik menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, dengan terbentuknya band rock pertama di berbagai kota.

Ketika industri musik berkembang, musisi menjadi lebih dihormati. Industri rekaman menjadi pusat dari semua kemajuan dalam musik dan musisi menikmati kebebasan yang luar biasa, di mana mereka dapat mengekspresikan diri secara artistik dan menjual lagu mereka kepada penawar tertinggi. Industri rekaman membantu membentuk fondasi untuk musik modern saat ini, dan kebangkitan musik hip hop dan pop tidak akan pernah terjadi tanpa kontribusi artis rekaman seperti Elvis Presley dan Michael Jackson.

Sementara banyak orang memilih memainkan alat musik untuk tujuan hiburan, ada juga yang menggunakan alat musik untuk memainkan alat musik dalam sebuah pertunjukan, seperti band. Orang lain menggunakan instrumen untuk menulis. Ada berbagai macam instrumen yang dapat digunakan dalam bentuk musik apa pun, dari musik klasik hingga jazz dan musik pop, untuk menciptakan musik dengan panjang dan tekstur yang bervariasi.

Saat ini, ada berbagai macam alat musik yang tersedia untuk membantu seseorang memainkan segala bentuk musik. Banyak orang memilih untuk memainkan alat musik mereka untuk membantu mereka mempelajari genre musik baru, dan mereka bahkan dapat merekam musik mereka sendiri dan menawarkannya sebagai CD. Selain instrumen yang digunakan untuk memainkan musik, Internet juga menawarkan kepada pengguna akses ke perpustakaan musik online yang luas secara gratis. Internet memungkinkan kesempatan untuk mendengarkan musik dari genre apa pun yang bisa dibayangkan.